Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment

       Drop Cap adalah tulisan Besar huruf awal dalam awal paragraf, mungkin biasanya Drop Cap sering dijumpai di majalah/ koran/surat kabar.maksud dari pembuatan Drop Cap sendiri adalah untuk membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca paragraf yang ada Drop Cap nya karena bagaimanapun juga dengan dibuatnya Drop Cap akan menarik pembaca karane tulisnnya yang besar. Berikut ini contoh Drop Cap dengan tulisan “ S” merupakan contoh efek menggunakan DropCap.

       Adapun langkah-langkah drop cap, columns, header & footer, clip art dan watermark, page border, smart art, footnote dan comment.
Ø  Drop cap
·         Pertama-tama Blok tulisan yang akan kita buat Drop Cap
·         Kemudian, klik Insert
·         Pilih Drop Cap, seperti gambar dibawah ini 

·         Dalam Pilihannya ada dua macam Drop Cap yaitu, “ Dropped” dan “In Margin” pilihlah sesuai dengan kehendak kita.
·         Dan untuk Pengaturan lebih lanjut bisa menggunakan menu “ Drop Cap Option”.
·         Pengaturannya adalah sebagai berikut, Font untuk memilih Jenis Huruf yang akan digunakan, Lines to Drop merupakan berapa banyak huruf Drop Cap akan terkena dalam paragraf tersebut. Dan Distance From Teks adalah jarak huruf Drop Cap ke huruf selanjutnya dalam kalimat tersebut.
Ø  Columns
·         Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.

·         Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.

·         Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
·         Pilih Two untuk membuat dua kolom.

Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:
o   judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.
o   Isi = dua kolom.
·         Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya.
Ø  Header & footer
            Header & footer adalah suatu teks, tabel atau objek yang diletakkan pada atas atau bagian bawah halaman sebuah dokumen.
Langkah-langkah membuat header & footer :
·         Klik Insert - pilih Header atau Footer.
·         Memilih Header, pilih format Header yang diinginkan. Memilih Footer pilih format Footer yang diinginkan.

·         Maka akan muncul tab Design, yang terdapat simbol-simbol untuk memformatkan header atau footer agar terlihat lebih menarik.
Ø  Membuat clip art & watermark
Clip Art adalah kumpulan file gambar yang dapat dsisipkan pada dokumen.
Langkah-langkah membuat clip art :
·         Klik insert pilih clip art
·         Muncul tab Clip Art, lalu pilih gambar yang diinginkan


Ø  Watermark
Watermark adalah tanda agar tulisan kita tidak dibajak atau diplagiat, berfungsi untuk melindungi karya.
Langkah-langkah membuat watermark :
o   Klik Page layout, pilih Watermark - klik Custom Watermark.
o   Confidetial 1 : Membuat tulisan menjadi diagonal
o   Confidetial 2 : membuat tulisan menjadi horizontal
o   Do Not Copy 1 : Membuat tulisan menjadi diagonal
o   Do Not Copy 2 :  membuat tulisan menjadi horizontal

Ø  Untuk gambar pilih Picture Watermark, untuk text pilih Text Watermark.
                                   
Ø  Text Watermark
Ø  Membuat Page Border
Page Border adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Langkah-langkah membuat page border:
·         Klik Page layout, pilih Page border.
·         Timbul menu Page Border pada jendela Border and Shading.

Ø  Membuat SmartArt    
            SmartArt adalah untuk membuat tampilan visualisasi data menjadi lebih menarik dan komunikatif. Misalnya hierarchy untuk membuat struktur organisasi. Langkah-langkah membuat smart art:
·         Klik Insert, pilih SmartArt.
·          Pilih grafik smarArt, lalu pilih Hierarchy (membuat struktur organisasi).
·         Masukkan teks dengan klik (teks) di panel teks lalu ketik teks.
·         Maka akan tampil SmartArt Tools, untuk mendesign dan format.

Ø  Membuat Footnote
Footnote adalah catatan kaki, atau daftar catatan atau keterangan yang disertakan dibagian bawah dokumen. Langkah-langkah membuat footniote:
·         Letakkan kursor di posisi yang ingin diberi footnote
·         Klik References - pilih Insert Footnot
·         Maka akan langsung diarahkan ke footnote yang dibuat
·         Isi dengan referensi yang diperlukan
Ø  Membuat Comment
Comment adalah untuk menyisipkan komentar pada kata atau kalimat tertentu. Langkah-langkah membuat comment:
·         Pilih atau blok kata/ kalimat yang akan diberi komentar.
·         Klik Review - pilih New Comment.
·         Maka akan muncul garis merah, tempat untuk berkomentar.
·         Pada komentar di tulis : kata itu tidak sesuai dengan KBBI.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Microsoft Word 2010, Menu dan fungsi menu Ms Word 2010

Teknik dan panduan membuat daftar isi dengan Multilevel List

Tutorial Menggunakan fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam membuat surat masa