Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan fungsi menu Ms Excel

(tips dan solusi konfigurasi router)
Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan fungsi menu Ms Excel


            Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
Adapun menu dan fungsi menu Microsoft Excel 2010 sebagai berikut :

            Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:
·         Menu Home

Clipboard, digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut;
o   Cut, untuk menghapus/memotong teks.
o   Copy, untuk meduplikat teks.
o   Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
o   Paste, menempelkan hasil copian data.
·         Font

Sub menu dari font adalah sebagai berikut;
o   Increase font size, membesarkan ukuran huruf.
o   Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
o   Bold, menebalkan huruf.
o   Italic, mencetak miring huruf.
o   Underline, memberi garis bawah pada huruf.
o   Border, memberi bingkai pada tabel.
o   Fill color, memberi warna.
o   Font color, memberi warna pada huruf.
o   Font, untuk memilih jenis huruf.
·         Alignment

Sub menu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
o   Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
o   Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
o   Bottom Align, penggalan halaman.
o   Align Left, format teks rata kiri.
o   Center, format teks rata tengah.
o   Align Right, format teks rata kanan.
o   Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
o   Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
o   Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
·         Number


Sub menu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;
o   General, tombol pengaturan secara umum.
o   Curency, format mata uang.
o   Percent, format persen.
o   Comma, pemberian tanda koma pada data.
o   Decrease decimal, mengurang angka desimal.
o   Increase decimal, menambahkan angka desimal.
·         Styles
Sub menu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
o   Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
o   Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
o   Cell style, pembuatan penampilan sel.
·         Cell


Sub menu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
o   Insert, menyisipkan sel.
o   Delete, menghapus sel.
o   Format, pengaturan penampilan sel.
·         Editing
Sub menu editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
o   Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
o   Clear, menghapus sel.
o   Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
o   Find and select, mencari dan menseleksi data.
·         Tab Insert
            Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;
o   Tables
nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut;
§  Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
§  Table, membuat table.
o   Ilustrations
Sub menu dari tab ini adalah sebagai berikut;
§  Picture, menyisipkan gambar.
§  Clip art, menyisipkan clipart.
§  Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
§  Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
§  Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
§  Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
·         Tab Page Layout
            Tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
o   Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
o   Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
o   Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
o   Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
o   Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.
·         Tab Formula
            Digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal dan waktu).
·         Tab Data
·         Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.
·         Tab Review
            Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.
·         Tab View
            Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment

Tutorial Menggunakan fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam membuat surat masa